My School  

Posted by M Riyadh Rizqullah in

BINTANG PELAJAR

'All About Ar Raihan'

Retno Lisiawati, S.Hut., Math Teacher

Sekolah adalah salah satu lembaga yang membantu pembentukan pribadi anak didiknya. Sekolah menjadi ajang pertaruhan baik buruknya mental dan pribadi anak didik. Oleh karena itu kehadiran pendidik menjadi signifikan dalam proses pengembangan bakat dan minat. Potensi yang ada harus terus menerus digali dan diarahkan agar menjadi kecakapan hidup.

Adanya life skill activity on one day every Wednesday in Ar Raihan, akan menjadi kegiatan efektif untuk ekspresi diri dan pengembangan potensi siswa dalam proses pembinaan. Guru-guru Ar Raihan akan mengajar dengan hati sehingga dapat mencetak generasi muda dengan kepribadian utuh secara lisan dan ilmiah.


Ahmad Syahida, S.HI., Home Teacher

Ada banyak pertimbangan ketika orang tua akan memilihkan sekolah untuk putra putrinya. Ir. Sutikno, M.Sc., Ph.D., misalnya, mengungkapkan alasannya mendaftarkan putranya ke Ar Raihan.

Pada sela-sela memberikan materi seminar pendidikan ia sempat bercerita tentang niat awalnya untuk menyekolahkan putranya ke Pulau Jawa.

Sebagai orang tua, beliau berharap putranya dapat menjadi seorang yang mampu memahami agama dengan baik tanpa melupakan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai penunjang.

Kenapa Pulau Jawa? Karena kebanyakan orang tua memiliki anggapan bahwa sekolah-sekolah di Pulau Jawa dapat menjawab kebutuhan pendidikan. Namun, setelah melihat profil SMPIT Ar Raihan, Bapak Sutikno berubah pikiran.

Dengan fasilitas belajar yang mendukung, tenaga pengajar muda yang aktif dan progresif, kombinasi kurikulum yang dipadu dengan porsi pelajaran agama, tahsin, hafalan Alquran, dan hadis, ia pun memutuskan anaknya, Kurniawan Shidiq Sutikno, yang biasa di sapa Diqi untuk bersekolah di SMPIT AR Raihan.


Hera Nopianti, S.S., English Teacher

Menjadi salah satu staf pengajar di SMPIT Ar Raihan merupakan tugas yang sangat menantang dan menarik bagi saya, karena tidaklah mudah mengajar siswa-siswi di umur belasan tahun. Ada opini yang mengatakan jika anda bisa mengajar anak usia belasan, anda pun bisa mengajar setiap orang.

Hal ini dikarenakan anak-anak di usia belasan tahun cenderung mudah diajak kerja sama, diberikan motivasi, menyenangkan saat diajar, tapi terkadang juga mereka sangat sulit untuk diajak kerja sama. Kita akan menemukan masalah-masalah disiplin, tingkah laku yang provokatif, kurangnya motivasi, atau ketidakinginan menyelesaikan tugas-tugas yang kita berikan kepada mereka.

Namun demikian, saya lebih cenderung tertantang mengajar anak-anak belasan tahun, yang notabene siswa Ar Raihan, saya akan fokus pada hal-hal yang menyenangkan daripada harus percaya pada opini tersebut. Meski, tentu saja saya akan perhatikan isi opini itu.


A. Iqbal H.S., S.S., Homeroom Teacher

Home athmosphere, itulah nuansa yang akan Ar raihan sajikan kepada siswa. Hal ini pula yang membedakan Ar Raihan dengan SMP lainnya. Nuansa rumah yang fleksibel, rileks, bersahaja, hangat, komunikatif akan berusaha dihadirkan oleh Ar Raihan. Guru kelas adalah refresentatif dari fungsi orang tua atau kakak di rumah. Guru kelas akan memainkan peran yang sangat fleksibel.

Guru kelas akan selalu mendampingi siswa selama proses belajar disamping adanya guru bidang studi. Dalam hal ini, guru kelas mendampingi siswa untuk hal afektif dan psikomotorik. Guru kelas juga selalu siap untuk menjadi teman curhat, teman bergurau, teman berkreasi, selain tentunya teman belajar.

Guru kelas juga memiliki peran penting lainnya sebagai pembimbing siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam hal praktis. Siswa akan selalu dimotivasi untuk berani dan percaya diri mempraktekkan penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Pada akhirnya saya ucapkan welcome, ahlan wa sahlan di Ar Raihan. n TIM REDAKSI/S-1

This entry was posted on 17 Agustus 2008 at 9:47 PM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Poskan Komentar